Saturday, August 31, 2019

Cara Mudah Nonton Liga Inggris

Nonton Liga Inggris

Penggemar liga inggris di Tanah air sekarang sudah bisa nonton liga inggris secara streaming melalui situs web Mola TV. Hal itu dimungkinkan lantaran Premier League menyerahkan lisensi hak siar untuk wilayah Indonesia musim ini kepada Mola TV. Selain itu, laga-laga Liga Inggris juga bisa ditonton melalui siaran televisi di TVRI. Namun TVRI hanya mendapatkan jatah dua siaran per pekan. 

Untuk dapat menyaksikan seluruh pertandingan Liga Inggris musim 2019/2020 maka harus berlangganan Mola TV sebesar Rp149.000 per bulan. Mola TV akan menggratiskan pada bulan pertama. Meski berbayar, Mola TV juga menggratiskan untuk empat laga per pekan. 
Memang liga inggris adalah liga yang paling banyak digemari di Indonesia. Liga EPL ini malah sering di sebut-sebut sebagai salah satu liga paling menarik di dunia.

Selain bertebarannya pesepakbola bintang, ada beberapa alasan lain yang membuat Liga Inggris menjadi begitu populer. Nah, berikut tiga alasan Liga Inggris menjadi kompetisi paling populer di dunia:

1. Kekuatan Keuangan
Keuangan menjadi alasan pertama yang membuat Liga Inggris menjadi begitu populer. Sebagian besar klub sepakbola kaya di dunia berada di Liga Inggris. Sebanyak 10 dari 20 tim terkaya di dunia berada di kompetisi tertinggi Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Diperkirakan, klub-klub top di Liga Inggris akan menerima dana senilai USD150 juta atau sekira Rp2 triliun dari pendapatan TV dan hadiah. Sementara itu, klub-klub bawah akan mendapatkan USD100 juta atau sekira Rp1,3 triliun pada akhir musim ini.

Pendapatan ini jauh berbeda dengan kompetisi lainnya. Di Liga Spanyol, klub-klub top diperkirakan menerima dana USD150 juta atau sekira Rp2 triliun, sementara klub-klub bawah hanya akan menerima USD60 juta hingga USD70 juta atau sekira Rp826 miliar hingga Rp963 miliar. Dengan kondisi tersebut, daya beli klub Liga Inggris pun lebih besar ketimbang kompetisi lainnya. Mereka dapat membeli pemain-pemain bintang atau pelatih hebat lebih banyak daripada tim lainnya. Karena itu, pertandingan di Liga Inggris pun semakin menarik karena menyajikan persaingan dari persepakbola yang berkelas.

2. Pertandingan Ditayangkan di Prime Time
Faktor lainnya yang membuat Liga Inggris menjadi populer adalah disajikan di jam tayang utama (prime time). Liga Inggris berhasil ditayangkan dalam waktu tonton yang paling sesuai di sebagian besar negara di dunia. Sejauh ini, hanya negara-negara di wilayah Pasifik yang tidak mendapatkan keuntungan tersebut. Waktu kickoff Liga Inggris di seluruh dunia sangat bervariasi, mulai dari pukul 11.00 hingga 23.00, tergantung zona waktu setiap negara. Liga Inggris pun kini kabarnya tengah mempertimbangkan untuk menayangkan 22 pertandingan di pagi hari demi meningkatkan nilai pasar Asia yang begitu besar. Hal ini akan dilakukan untuk musim 2019-2020.

Pemindahan waktu ini dilakukan untuk membuat nyaman para penggemar Liga Inggris di seluruh dunia. Sebab, pertandingan di kompetisi ini sebagian besar ditayangkan pada akhir pekan. Jika tayang di malam hari, terutama pada Minggu, jam istirahat masyarakat dikhawatirkan akan terganggu karena mereka akan bekerja keesokan harinya. Apabila hal ini benar-benar dilakukan, pertandingan Liga Inggris diyakini akan disaksikan lebih banyak orang.

3. ‘The Fantasy Premier League’ (FPL)
Game online ‘The Fantasy Premier League’ (FPL) juga turut mendompleng nama Liga Inggris menjadi begitu populer. Game ini telah meraih kesuksesan besar di antara penggemar sepakbola di seluruh dunia. Game online ini memiliki situs web khusus yang membuat pemain dapat membuat tim dan liga mereka sendiri. Kemudian, mereka akan bersaing satu sama lain, mendapatkan laporan, serta pembaruan tentang pemain yang cedera.

Permainan ini telah membantu terciptanya komunitas Liga Inggris yang lebih besar. Sebab, game tersebut dapat membuat penggemar lebih merasakan memiliki Liga Inggris. Dengan FPL, penggemar tidak hanya mengikuti pertandingan besar antara klub top, tetapi juga dengan klub bawah untuk melihat apakah pemain dapat meraih poin. Penciptaan game ini dilakukan untuk memastikan penggemar tertarik secara keseluruhan dengan Liga Inggris, bukan hanya dengan beberapa pemain bintang. Keberhasilan FPL pun membuat nama Liga Inggris semakin tersohor.

No comments:

Post a Comment